Shrimp and Green Pepper Fried Rice


Pi-man (ピーマン), the way Japanese call “green pepper” or unripen pepper, is not in our favorite vegetables list, but we buy when it’s on sale and eat when it’s served 🙂 Unlike the common red, yellow, or orange bell pepper (me and Musa love it a lot!), piman has thin flesh and less juicy. For me, it’s not nice to be eaten raw or in other words to be thrown into salad. Cooking piman always be challenging for me. That’s why I’m excited when getting hooked by this simple recipe today right at the must time to use up my wrinkled piman. It’s originally a recipe for side dish, but I modified it by mixing leftover rice into the cuisine.

Continue reading

Advertisements

Tom Yum Soup (without Coconut Milk)


Posted from egadioniputri‘s Instagram on October 26, 2017 at 10:53AM

Tom Yum Soup (without coconut milk) in the rainy day is the best menu you could expect! ☔️
👨‍🍳 Original recipe from this page by @thespruceeats
🍳 Recooked and modified by #recipega(written below in 🇮🇩)
.
.
Belakangan ini karena hujan terus, saya sering bikin bakso, sup, mie rebus, bakso lagi, sup lagi, dan seterusnya. Bosen juga lama-lama sama menu nusantara. Akhirnya semalam (hujan juga) saya yang lagi pengen makan seafood langsung kepikirannya sup udang ala Thailand yang asem-asem gurih pasti segeeerrr.. tapi awalnya cuma nemu resep-resep #tomyum pakai santan. Baru setelah spesifik cari, nemu juga yang bening, padahal aslinya tom yum tradisional emang #tanpasantan. Begitu jadi, duuuh.. cinta banget deh! Aromanya persis seperti yang saya bayangkan. Rasanya pun tak disangka autentik meski dengan bahan seadanya. Musa aja nambah berkali-kali dan mau nyeruput kuahnya.. .
.
#reseptomyum utk 2 porsi
🍜 BAHAN
– 250ml atau lebih kaldu ayam homemade (WAJIB ada di freezer saya jadi saya selalu nyetok, saat masak ayam atau sapi, kulit/uratnya saya sisihkan untuk buat kaldu), tambah air secukupnya
– 1 btg serai, iris tipis
– 2 daun jeruk
– 3 siung bawah putih
– 1 ruas lengkuas
– 1/2 ~ 1 cabe merah gede (buang biji kalo buat anak)
– jus dari 1 buah jeruk (saya pakai jeruk buah biasa)
– 1/2 sdm shoyu
– 1 sdm minyak ikan Thailand
– 1/2 sdm gula
– 6 bh udang large size
– 1/2 kotak tahu (12×12 cm)
– sayuran (saya: sawi ijo 3 ikat daun aja, sawi putih 1 cup, jamur kuping 5 bh, tomat cherry 2 bh, dan daun seledri buat pemanis terakhir)
🥘 METODE
(1) Didihkan: kaldu ayam dan air, batang serai dan daun jeruk
(2) Kecilkan api, masukkan ulekan bawang putih dan lengkuas, potongan cabe, dan perasan jeruk
(3) Masukkan udang, shoyu dan minyak ikan, gula, lalu sayuran yang udah dipotongin
(4) Masukkan potongan tahu
(5) Sajikan (saya pakai nasi dan remukan pangsit goreng 😝)
.
.
#tomyumkung #tomyumsoup#shrimptomyum #rainyday #homemade

Sweet Potato Nikujaga


Sweet Potato Nikujaga (さつまいもで肉じゃが)

Sweet potato can go YUM! as your side dish too. It gives a little sweet taste among the savory dishes. Adopted from Japanese cuisine 肉じゃが (nikujaga) which means meat (肉 = niku) and potato (じゃがいも = jagaimo).

This is my second recipe from “Sweet Potato Menu” series on Instagram.

As the original recipe, I used to cook nikujaga with beef and potato, but this time I didn’t have any beef stock in my freezer, but still store some halal sliced lamb by Anzco. For us, lamb always works in all situation and of course can substitute the beef whenever we want 😛

You can find nikujaga recipe in many sources, one of them from Kikkoman Japan (Japanese)

Below is recipe by Recipega (halal version of the common nikujaga recipes) Continue reading

Tomato Fried Shrimp with Pineapple


Tomato Fried Shrimp (adopted from #ChineseCuisine). Ini yang di stories saya kemarin. Sekilas mirip kaya udang goreng tepung asam manis ya? Tapi saya pake resepnya orang bule gitu yang judulnya “Crispy Sweet Chili Shrimp” alias udang manis pedas crispy 😅 tapi berhubung masak buat si kecil juga, jadi saya modif resepnya @iheartpublix. #recipega Posted by @egadioniputri via Instagram