Tom Yum Soup (without Coconut Milk)


Posted from egadioniputri‘s Instagram on October 26, 2017 at 10:53AM

Tom Yum Soup (without coconut milk) in the rainy day is the best menu you could expect! ☔️
👨‍🍳 Original recipe from this page by @thespruceeats
🍳 Recooked and modified by #recipega(written below in 🇮🇩)
.
.
Belakangan ini karena hujan terus, saya sering bikin bakso, sup, mie rebus, bakso lagi, sup lagi, dan seterusnya. Bosen juga lama-lama sama menu nusantara. Akhirnya semalam (hujan juga) saya yang lagi pengen makan seafood langsung kepikirannya sup udang ala Thailand yang asem-asem gurih pasti segeeerrr.. tapi awalnya cuma nemu resep-resep #tomyum pakai santan. Baru setelah spesifik cari, nemu juga yang bening, padahal aslinya tom yum tradisional emang #tanpasantan. Begitu jadi, duuuh.. cinta banget deh! Aromanya persis seperti yang saya bayangkan. Rasanya pun tak disangka autentik meski dengan bahan seadanya. Musa aja nambah berkali-kali dan mau nyeruput kuahnya.. .
.
#reseptomyum utk 2 porsi
🍜 BAHAN
– 250ml atau lebih kaldu ayam homemade (WAJIB ada di freezer saya jadi saya selalu nyetok, saat masak ayam atau sapi, kulit/uratnya saya sisihkan untuk buat kaldu), tambah air secukupnya
– 1 btg serai, iris tipis
– 2 daun jeruk
– 3 siung bawah putih
– 1 ruas lengkuas
– 1/2 ~ 1 cabe merah gede (buang biji kalo buat anak)
– jus dari 1 buah jeruk (saya pakai jeruk buah biasa)
– 1/2 sdm shoyu
– 1 sdm minyak ikan Thailand
– 1/2 sdm gula
– 6 bh udang large size
– 1/2 kotak tahu (12×12 cm)
– sayuran (saya: sawi ijo 3 ikat daun aja, sawi putih 1 cup, jamur kuping 5 bh, tomat cherry 2 bh, dan daun seledri buat pemanis terakhir)
🥘 METODE
(1) Didihkan: kaldu ayam dan air, batang serai dan daun jeruk
(2) Kecilkan api, masukkan ulekan bawang putih dan lengkuas, potongan cabe, dan perasan jeruk
(3) Masukkan udang, shoyu dan minyak ikan, gula, lalu sayuran yang udah dipotongin
(4) Masukkan potongan tahu
(5) Sajikan (saya pakai nasi dan remukan pangsit goreng 😝)
.
.
#tomyumkung #tomyumsoup#shrimptomyum #rainyday #homemade

Advertisements

Tomato Fried Shrimp with Pineapple


Tomato Fried Shrimp (adopted from #ChineseCuisine). Ini yang di stories saya kemarin. Sekilas mirip kaya udang goreng tepung asam manis ya? Tapi saya pake resepnya orang bule gitu yang judulnya “Crispy Sweet Chili Shrimp” alias udang manis pedas crispy 😅 tapi berhubung masak buat si kecil juga, jadi saya modif resepnya @iheartpublix. #recipega Posted by @egadioniputri via Instagram