Tom Yum Soup (without Coconut Milk)


Posted from egadioniputri‘s Instagram on October 26, 2017 at 10:53AM

Tom Yum Soup (without coconut milk) in the rainy day is the best menu you could expect! ☔️
👨‍🍳 Original recipe from this page by @thespruceeats
🍳 Recooked and modified by #recipega(written below in 🇮🇩)
.
.
Belakangan ini karena hujan terus, saya sering bikin bakso, sup, mie rebus, bakso lagi, sup lagi, dan seterusnya. Bosen juga lama-lama sama menu nusantara. Akhirnya semalam (hujan juga) saya yang lagi pengen makan seafood langsung kepikirannya sup udang ala Thailand yang asem-asem gurih pasti segeeerrr.. tapi awalnya cuma nemu resep-resep #tomyum pakai santan. Baru setelah spesifik cari, nemu juga yang bening, padahal aslinya tom yum tradisional emang #tanpasantan. Begitu jadi, duuuh.. cinta banget deh! Aromanya persis seperti yang saya bayangkan. Rasanya pun tak disangka autentik meski dengan bahan seadanya. Musa aja nambah berkali-kali dan mau nyeruput kuahnya.. .
.
#reseptomyum utk 2 porsi
🍜 BAHAN
– 250ml atau lebih kaldu ayam homemade (WAJIB ada di freezer saya jadi saya selalu nyetok, saat masak ayam atau sapi, kulit/uratnya saya sisihkan untuk buat kaldu), tambah air secukupnya
– 1 btg serai, iris tipis
– 2 daun jeruk
– 3 siung bawah putih
– 1 ruas lengkuas
– 1/2 ~ 1 cabe merah gede (buang biji kalo buat anak)
– jus dari 1 buah jeruk (saya pakai jeruk buah biasa)
– 1/2 sdm shoyu
– 1 sdm minyak ikan Thailand
– 1/2 sdm gula
– 6 bh udang large size
– 1/2 kotak tahu (12×12 cm)
– sayuran (saya: sawi ijo 3 ikat daun aja, sawi putih 1 cup, jamur kuping 5 bh, tomat cherry 2 bh, dan daun seledri buat pemanis terakhir)
🥘 METODE
(1) Didihkan: kaldu ayam dan air, batang serai dan daun jeruk
(2) Kecilkan api, masukkan ulekan bawang putih dan lengkuas, potongan cabe, dan perasan jeruk
(3) Masukkan udang, shoyu dan minyak ikan, gula, lalu sayuran yang udah dipotongin
(4) Masukkan potongan tahu
(5) Sajikan (saya pakai nasi dan remukan pangsit goreng 😝)
.
.
#tomyumkung #tomyumsoup#shrimptomyum #rainyday #homemade

Advertisements

Homemade Teething Biscuit


Showing up in my FB #memoryoftheday today and would like to share it here. This was my favorite #babybiscuit recipe so far and well accepted by the little guy. • • #biskuitbayi di resep ini teksturnya keras di luar tapi melting di mulut.. sesuai judulnya memang untuk #teething, jadi harus yang nggak gampang hancur saat digigit-gigit. Hihihi.. • • #recipega #teethingbiscuit #biscuitrecipe #babyfood #fingerfood Posted by @egadioniputri via Instagram

Mini Mile Crepes


Mini heart-shaped #milecrepes (because I don’t have normal fry pan 😝). Not a #crepes lover and never made any #crepe at home, but this was nice simple #treat to give a try. #recipega • • #milecrepe recipe: search on @allrecipes titled “Basic Crepes” –> I used a half of ingredients in the recipe to make these mini crepes (around 16-20 layers, some pieces had been eaten before pictured) • filling –> mix these two #cream: – 100 ml #heavycream whipped with high-speed mixer without sugar – homemade #custardcream–> a half portion of recipe below 👇🏽 [ingredients] 1 egg yolk 1 tbsp all purpose flour 2 tbsp sugar 100 ml fresh milk (warm) 1 tbsp butter (melted) [method] (1) stir flour with sugar (2) add egg and mix well (3) add the warmed milk (4) microwave for 1 minute in 600 W (5) shift the batter using strainer (6) add butter (7) repeat step 4, then stir well • • #homecooking #matcha #ミルクレープ #抹茶ミルクレープ Posted by @egadioniputri via Instagram

Edible Flowers Jelly


#Spring is still on the way. After #flowerbread, here is #recipega’s yesterday experiment with #edibleflowers – my first time ever to recognize it’s existing in the vegetable section of some grocery stores. I divided one packs of plain #agaragar into two molds for the transparent layer with flowers and #berries, then put different mixture for the second layer to compare flowers visibility: • • BIG mold (transparent-white as suggested by many recipes out there): egg yolk + sugar + milk + water + cream + katen powder • • SMALL mold (transparent-red): instant leci flavor jelly #Nutrijell The result showed pure transparent jelly like in the small mold couldn’t atand the flowers out, while solid white color from the #milkcustard in the big mold made flowers more prominent. • • #エディブルフラワー #手作りお菓子 #お菓子 #confectionary #jelly #sweets #homecooking #cookingmama Posted by @egadioniputri via Instagram