Oke, pemirsa..dari Indonesia mari kita beranjak ke Jepang dan mengenal keribetannya. Gara-gara status saya kemarin jangan dikira lho saya ga cinta Indonesia atau “protes melulu”, buktinya selama ini bervariasi kok ulasan saya 😀
Ada jg nih pengalaman yg bikin saya bangga jadi orang Indonesia (caile) krn keluwesannya. Selama dua hari ini saya berurusan dengan administrasi di dua instansi, kemarin di KBRI (kedubes Indonesia) dan tadi di Softbank (provider seluler). Mari kita bandingkan cara kerja keduanya..
Seperti biasa, dalam kondisi hectic dan kurang tidur kecerobohan saya kumat. Pagi itu semua persyaratan untuk “legalisasi barang pindahan” disimpan di flashdisk. Saat pake jasa printing di kombini (convenient store) betapa kagetnya saya pas tahu halaman “daftar barang pindahan” bukan yg terbaru yg tersimpan. Mau balik ke rumah ga mungkin krn udah janjian sama pak pejabatnya sebelum Duhur. Akhirnya, dalam perjalanan 45 naik kereta, saya minta tolong orang yg beli printer saya buat ngedit halaman itu, lalu dikirim ke saya via email. Alhamdulillah berhasil saat udah turun stasiun terdekat dari KBRI. Malangnya, saya ga nemu kombini yg printing service-nya cocok. Saya telpon pak pejabat dan cerita kondisi saya, lalu beliau bilang “datang aja dulu”. Eeeh, tahunya di kantornya saya disuruh ngirim dokumennya ke emailnya dan di-print-kan sama si Bapak.. kalo ngadep orang Jepang, manalah saya bisa kaya gitu 🙂 Belum lama ini pun kami sempat bikin konselor heboh krn minta legalisir hari Sabtu.. subhanallah baik deh pejabat dan stafnya mau ngelayani scr khusus meskipun hari libur.
Sementara itu, hari ini saya 2x ke Softbank untuk mewakili putus kontrak telepon suami. Emang rada error sih dulu sebelum dia berangkat, kami ga ada yg inget kalo harus ngurus itu. Akhirnya meskipun udah 2x datang, gagal jg misinya. Sebabnya yg pertama saya baru tahu kalo aturan mereka “putus/buat kontrak ga bisa diwakili” dan disuruh bawa dokumen2 yg nunjukin kami tinggal serumah, lalu yg kedua krn tetap butuh konfirmasi dr suami, tapi suami saya ga bisa ditelpon sama sekali. Saya ngeyel aja minta dicariin solusi, no matter what. Habis, pas dikejar terus alesan harus nelpon apa, mereka cuma bilang “kami butuh konfirmasi dari pemiliknya, setuju / tidak diputus”, padahal saya bilang itu instruksi suami plus bawa stempel + id card, sedangkan form perwakilan bisa saya isi. Analisis ngasal: mungkin aja ada istri / suami yg jahat mutusin kontrak gitu tanpa pasangannya tahu. Hahaha. Ya gitu.. Mana Engliah staf-stafnya selevel ga ngerti “solution”, “bill”, “recommendation”, dsb. pulaaa :)) Alhamdulillah meski ribet, akhirnya mau jg tuh staf ngasih saya form-nya, tapi sambil bisik-bisik “nanti kalo datang lagi isi semua dan cap sebelum masuk toko, tulisannya jg yg perfect ya, besok dicoba telp. suaminya lagi 😀 Kalo sama orang kita, palingan jg udah dimaklumi, toh suami istri ini..
Nah, imbang kan skornya sekarang.. u_u tinggal kita mau pilih ribet yg mana: “Banyak extra actions tapi bisa nego” ala Indonesia atau “prosedur praktis dan cepat tapi susah dnego ala Jepang”. Rabbi auzi’ni an asykura ni’matakallatyy an’amta alayya (QS 24:18) aja deh.. 😛
#ea5512 via Facebook