Strawberry Melon Bread


We tried out strawberry melon bread in #Recipega’s kitchen last Thursday [4 first pics: my trial, next pics: our baking party]. One of things I’d like to do this year was checked off ✅ Together is always fun!!! I love these ladies and adore their motivation 💕 You don’t need to be expert first to share experience. Even the little things may make differences for others, and vice versa, you may learn new thing from others while transferring the knowledge. . . Itu yang selalu saya tempelin di kepala karena dalam hidup saya pun ada begitu banyak “orang berpengalaman” yang menginspirasi bahkan hanya dari sekedar mendengar ceritanya. Jadi agak sebel juga kalo ada orang yang udah jelas-jelas dikenal orang sebagai ahlinya tapi ketika ditanya atau diminta ngajarin nggak mau dengan dalih berbagai rupa. Jangankan yang udah berpengalaman ya, dari anak bayi yang belum bisa apa-apa aja kita sebagai orang tua bisa belajar buanyaaak hal.. so, nggak usah sungkan atau takut salah kalo mau berbagi ilmu, pengalaman, atau sebatas info, sekalipun ke orang yang lebih tua. . . Seperti biasa kalo mau lihat resepnya nanti cek aja di blog #ea5512 ya termasuk beberapa catatan dari hasil uji coba kami kemarin. Bahasa Indonesia kok.. 🙂 Next time (mungkin sekitar April) insyaaAllah akan diadakan lagi #bakingparty di rumah saya. Monggo yang mau ikutan bisa daftar.. kita belajar bareng jadi jangan set harapan terlalu tinggi kaya belajar ke guru masak beneran. wkwk *siapa lo Ga*

A post shared by Ega Dioni Putri (@egadioniputri) on

Melonpan (メロンパン)adalah salah satu roti asli Jepang yang terkenal karena rasanya yang umum disukai orang banyak, tidak seperti anpan yang kadang orang tidak suka karena kacang merahnya. Bagi Muslim bahannya pun cenderung halal. Roti ini terdiri dari roti polos (variasi: diisi anko, whipped cream, dsb.) dan lapisan crispy di luarnya yang menyerupai tekstur cookie. Berikut resep ala Recipega hasil utak-atik  dari berbagai sumber dan praktik .

PERALATAN

    • Baskom, minimal 2 bh
      • (1) untuk membuat adonan roti dan mengembangkannya
      • (2) untuk membuat adonan cookie
    • Sendok takar, timbangan, dan gelas ukur
    • Scraper  membantu handling adonan saat proses kneading dan memotong adonan
    • Spatula  untuk mencampur adonan roti
    • Wadah kecil-kecil untuk menampung bahan-bahan sebelum dicampur (optional)
    • Whisk  untuk mengocok telur dan mencampur adonan kuki
    • Plastic wrap  banyak fungsi, dari mulai menutup adonan sampai membungkus bahan
    • Kitchen towel atau kain lap bersih  untuk menutup adonan saat proses shaping
    • Cooking sheet alias kertas roti  sebagai alas memanggang roti
    • Rolling pin  untuk meratakan adonan cookie
    • Baking tray  biasanya bawaan oven udah ada, untuk memanggang roti
    • Gloves, celemek, lap, semprotan sanitizer, jam untuk menandai waktu

BAHAN

Adonan melon pan terdiri dari adonan  dan untuk kulitnya. Siapkan urut berdasarkan urutan di bawah ini.

Adonan roti
Nama bahan Ukuran presisi Ukuran ala US Keterangan
Tepung protein tinggi 120 g 1 cup Disebut juga tepung roti (bread flour), hard flour. Kadar protein
Tepung terigu 20 g 2.5 T Nama lain: tepung protein rendah, all purpose flour, soft flour. Bukan cake flour.
Gula pasir 15 g 1 T Bisa diganti gula coklat tapi adonan akan lebih sticky
Ragi 3 g 1 tsp Pilih yang ada kata-kata dry, instant, hand kneading, dsb.
Telur 30 g 2 T Letakkan di suhu ruang sejenak
Air atau susu 60 ml Hangatkan hingga suhu 35-45 derCel
Butter (unsalted) 15 g 1 T Suhu ruang, kalo pakai yang bergaram skip masukin garam
Garam 1 g 1/3 tsp Garam halus, masukkan ke adonan bareng butter
Adonan cookies

Jaga agar adonan ini selalu dalam keadaan dingin sehingga pada saat di-roll dan dipasangkan ke roti tidak retak. Selama pengerjaan, letakkan adonan yang belum dieksekusi di atas es batu setelah terlebih dahulu dibungkus plastik.

Nama bahan Ukuran presisi Ukuran ala US Keterangan
Butter (unsalted) 35 g 1.5 T Suhu ruang, JANGAN pakai mentega/margarin/butter blend
Gula pasir 25 g 2 T Pilih yang halus atau sekalian paka gula halus
Tepung terigu 70 g 1/2 cup
Susu (telur) 20 ml (±25 g) 4 tsp (1/2 bh) Hangatkan 35-45 derCel. Bisa juga menggunakan telur suhu ruang atau keduanya (telur dan susu).
Strawberry powder 5 g Dari stroberi yang dikeringkan dengan metode dry freezed

Lain-lain:
– pewarna makanan merah untuk menajamkan warna adonan cookie kalo kurang merah
– gula pasir kasar untuk taburan kulit melonpan

CARA MEMBUAT

  1. Buat adonan cookie dulu. Bisa hari sebelumnya. Yang jelas adonan perlu didinginkan sebelum dieksekusi. Urutannya:
    (ア) Masukkan butter ke baskom, lembekkan dengan pengocok telur
    (イ) Tambahkan gula, kocok lagi
    (ウ) Tambahkan susu hangat
    (エ) Ayak tepung terigu dan bubuk stroberi bersamaan di atas baskom
    (オ) Aduk rata hingga membentuk crumbs
    (カ) Pindahkan adonan ke plastic wrap, lalu tekan-tekan, bentuk. Tambahkan pewarna makanan di tahap ini untuk mendapatkan warna yang diinginkan.
    (キ) Simpan di kulkas hingga siap digunakan
  2. Buat adonan roti. Tahap ini perlu ketepatan waktu dan suhu.
    (ア) Masukkan ragi dan gula ke dalam baskom. Gula membuat ragi bekerja baik, jadi kalo bikin roti jangan lupa masukin gula.
    (イ) Tambahkan air hangat, aduk rata
    (ウ) Tambahkan telur
    (エ) Masukkan tepung (campur dulu kalo ada lebih dari satu jenis tepung), aduk rata
    (オ) Tambahkan butter dan garam
    Kalo bikin porsi besar dan tepungnya banyak, bagi tepung jadi dua. Campur salah satu bagian dengan ragi, gula, air, dan telur dulu, baru masukkan sisanya, lalu fat seperti butter, minyak, atau shortening.
  3. Menguleni adonan roti hingga kalis
    (ア) Transfer bahan dari langkah (2) ke permukaan yang datar dan kuat seperti meja makan atau countertop dapur
    (イ) Lebarkan adonan dengan cara menekan menggunakan telapak tangan menjauh dan mendekat ke kita berulang kali seperti adegan orang mencuci baju secara manual. Lakukan hingga adonan tidak lengket lagi di tangan. Gunakan scraper selama pengulenan.
    (ウ) Ketika adonan sudah mulai membentuk satu kesatuan, banting-banting sedikit atau gulungkan kanan-kiri hingga adonan benar-benar kalis. Bentuk menjadi bola.
    (エ) Tes apakah adonan siap dikembangkan: permukaannya mulus, jika ditekan kembali seperti semula, tidak lengket di tangan, dan terlihat mengkilap.
  4. Fermentasi tahap 1  simpan adonan di baskom tertutup pada suhu 40 derCel selama 30’. Selama waktu ini, keluarkan adonan cookie dari kulkas. Bagi menjadi 5-6 bagian sama rata (tergantung mau bikin berapa buah roti). Kalo mau bentuk yang aneh-aneh juga kerjakanlah pada tahap ini 😀
  5. Membagi dan membentuk adonan  selama tahap ini tutup adonan roti dengan lap basah
    (ア) Ambil adonan yang sudah mengembang jadi 2x lipat ukuran semula
    (イ) Finger test: tekan dengan satu jari, kalo tidak kembali ke bentuk semula, berarti siap
    (ウ) Tekan-tekan untuk mengeluarkan udara
    (エ) Timbang, bagi jadi 5-6 bagian sama berat
    (オ) Bulat-bulatkan tiap bagian. Setelah selesai, ambil adonan cookie, lakukan hal yang sama untuk tiap bagiannya.
    (カ) Giling adonan cookie hingga membentuk disc setebal 3-5 mm. Alasi kertas roti atau plastic wrap selama pengerjaan agak adonan cookies mudah diangkat.
    (キ) Bungkus adonan roti dengan adonan cookie (tidak sampai seluruh roti terbungkus)
    (ク) Celupkan bagian atas roti dengan gula pasir
    (ケ) Kerat-kerat seperti bentuk melonpan yang lazim
    (コ) Letakkan di kertas roti, tutup dengan plastic wrap dulu, lalu lap basah
  6. Fermentasi tahap 2  simpan adonan yang sudah siap di baking tray pada suhu 40 derCel selama 20 menit
  7. Memanaskan oven  suhu bervariasi kalo lihat resep-resep melonpan, kita coba pakai suhu rendah agar warna pink tidak gosyong, yaitu 170 derCel
  8. Memanggang  buka lap basah dan plastik, panggang roti selama 15 menit
    NB: Kondisi oven harus dikenali sendiri oleh pemiliknya karena bisa jadi suhu yang sama memberi kehangatan eh.. panas yang berbeda antara satu oven dengan yang lainnya. Bisa jadi oven kita butuh suhu lebih tinggi/rendah dan waktu panggang yang lebih sedikit/banyak daripada yang di resep.

SELAMAT MAKAN!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s