FB Photo on October 07, 2014 at 10:35PM


#ea5512 story >> Setelah sebulanan kuliah, si mahasiswa master ini akhirnya ngerasain kebahagiaan serupa kebanyakan anak bangsa lainnya.. A: “Nih, lihat nilaiku” E: “Wah..kok bisa?”😀 (soalnya kelihatan susah, itung-itungan teknik gitu) A: “Aku tuh senengnya di sini nilai PR dianggep sama kaya ujian” (maksudnya porsinya berimbang) E: “Ember.. di Jepang juga gitu. Di Indonesia aja yang kejam..” (teringat dulu semester satu dan dua saat master banyak PR juga dengan tema-tema yang baru tahu tapi ga setertekan ketika bachelor) A: “Jadi ujiannya lebih santai, ga kaya dulu mau ujian setengah mati..” (maksudnya belajarnya abis-abisan) E: … (lah, kalo dulu doi aja ngerasa gitu apalagi saya.. udah mual dan pusing aja bawaannya kalo mau UTS / UAS -,-) Semoga pelaku pendidikan di Indonesia semakin banyak yang mengadopsi paradigma pendidikan di negara maju, bisa lebih menghargai proses daripada hasil. Tentu bukan berarti jadi mengabaikan target, tapi bagaimana menilai keduanya secara adil sehingga anak didik selain dapat ilmu buat akalnya juga nambah ilmu buat hatinya.. dia akan belajar memahami arti kejujuran, kerja keras, pantang menyerah, kreativitas, percaya diri, dsb. Fenomena yang kita temui sekarang, terutama makin dewasa ini (krn dulu zaman saya nggak sebegitunya), justru anak didukung oleh orang tuanya untuk menjadi oportunis, menempuh cara apa pun demi mencapai angka tinggi di rapor / transkrip, kadang tanpa punya pegangan prinsip entah itu nilai-nilai kebaikan universal, psikologisnya anak, fase tumbuh kembangnya anak, ajaran agama, dll.
Posted by Ega Dioni Putri via Facebook

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s