Kue Lumpur


Don’t know why this #indonesianfood called as “Kue Lumpur” (literally means “mud cake”), but believe me the taste isn’t disgusting at all 😛

Ketika fesbukan bikin bojo nagih kue macem-macem sejak jam 3 sore (#bukapuasa-nya baru jam 7!) dan ini pilihan untuk #haripertama #Ramadhan2017 :)) Bikinnya kilat cuma 30 menit! Pertama kali bikin #kuelumpur, tapi nekat modifikasi resep 😀 Baru tahu bahan dasarnya pakai kentang.

Resep asli dari Scotch Brite FB page, recooked by #recipega

— Bahan —

  • 2 bh kentang (ukuran gede sekepalan tangan org dewasa)
  • 250 ml santan (saya pakai susu segar)
  • daun pandan
  • 2 btr telur (ambil 1 putih dan 2 kuning)
  • 125 g gula pasir (saya: 100 g)
  • 125 g tepung terigu (saya: 150 g, 25 g buat gantiin gula yg dikurangin)
  • 50 g mentega
  • 1/4 sdt garam (saya ga pake karena mentega udah asin)
  • 1/4 sdt vanila

— Metode ala saya —

* Kentang dikupas, dibagi 4, dimasukkan plastik Ziplock, di-cing di microwave 800W 3menit

* Kentang diblender halus di food processor

* Sembari ngukus (boleh direbus jg) kentang, panaskan santan/susu di panci dgn api kecil, jangan lupa kasih pandan biar wangi. Jangan sampe overcooked, begitu keluar bubbles langsung matiin, biar nutrisi nggak rusak. Dinginkan (masuk kulkas).

* Blender kentang yg udah halus dengan santan/susu yg udah direbus. Bagi dua kalo mau dibedain warnanya. Tahap ini saya salah pakai blender si pandan ternyata nggak bisa halus, jadi tambah pewarna dikit. Bagusnya pakai pasta pandan aja.

* Di mixer atau kocok manual, masukin urut: telur >> gula >> vanila extract >> garam >> terigu >> mentega. Kocok rata. Masukkan campuran kentang dan santan/susu. Kocok sekedar tercampur.

* Cetak di cetakan atau wajan teflon (saya punyanya ini tapi bentuk love wkwk) yg udah diolesi minyak tipis. Masak di api sedang sampai adonannya mengeras (saya pakai tutup biar atasnya matang sempurna).

#takjil #makananberbuka #jajananpasar #resepkuelumpur #resepkue #berbagiresep

Posted by @egadioniputri via Instagram

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s